kubetno1.net

Warlok Athena Juga Geram Overtourism, Usir Turis Lewat Grafiti

Warga lokal Athena usir turis dengan grafiti.
Warga lokal Athena usir turis dengan grafiti. (Reddit)

Jakarta -

Sentimen anti turis telah menyebar ke berbagai spot wisata di dunia. Kali ini Athena yang warganya tolak turis dengan grafiti.

Ibu kota Yunani yang bersejarah telah digemparkan dengan grafiti para warganya yang ingin turis pergi. 'Turis pulanglah', 'Tidak ada turis tidak ada hipsters', dan berbagai grafiti lainnya muncul di tembok-tembok.

Melansir Daily Star, Rabu (15/5/2024), ketegangan itu setelah lonjakan harga properti yang sangat tinggi dan membuat warga lokal frustasi. Lonjakan harga disebabkan menjamurnya properti Airbnb dan persewaan jangka pendek lainnya. Selain itu, dikabarkan kawanan turis yang memadati jalan-jalan juga membuat keributan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Wisatawan, nikmatilah masa tinggal Anda di pemakaman Eropa," tulis sebuah grafiti yang mengangkat realitas modern Athena di mana penduduk setempat terusir karena biaya hidup yang melonjak.

Hal serupa juga sempat terjadi di spot wisata populer di Spanyol, Ibiza. Sementara itu, di bulan lalu para warga lokal pun sempat turun ke jalan dan memprotes banyaknya turis.

ADVERTISEMENT

"Saya pikir jawabannya adalah turun ke jalan dan memblokir segala sesuatu dan tidak melakukan apa-apa karena orang-orang kehilangan tempat tinggal mereka," ujar Anna Theodorakis, yang terusir dari rumahnya di Metaxourgio, Athena, kepada France24.

Seorang pengembang properti lokal, Dimitri, juga membeberkan soal menjamurnya penyewaan jangka pendek di sana.

"80 persen dari lingkungan ini adalah Airbnb. Turis yang datang ke sini ingin melihat budaya Yunani, jadi jika tidak ada lagi orang Yunani yang tinggal di sini, turis tidak akan mau datang," ucapnya.

Yunani disebut sangat bergantung pada pariwisata. Sektor itu menyumbang seperlima dari PDB pada tahun 2022. Namun, di Yunani, lebih dari 40 persen pendapatan yang dapat dibelanjakan habis untuk perumahan. Itu adalah angka tertinggi di Eropa.

Selain itu, masalah hunian dapat dilihat tujuh dari sepuluh orang Yunani yang berusia di bawah 34 tahun masih tinggal bersama orang tua mereka.

Adapun jumlah penyewaan liburan jangka pendek meroket hingga 500 persen dalam waktu kurang dari sepuluh tahun. Itu karena banyak pemilik rumah dan tuan tanah mencoba peruntungan dari masuknya turis.

Menurut Asosiasi Perusahaan Pariwisata Yunani, tahun lalu negara itu menyambut 33,4 juta wisatawan. Sekitar 6,7 jutanya mendarat di Bandara Eleutherios Cenizelos di Athena.

Masalah overtourism di Athena bukanlah hal baru. Tahun lalu, kota itu masuk ek dalam daftar larangan wisata yang disusun oleh Foders. Publikasi asal Amerika Serikat itu berargumen bahwa Athena mengalami erosi dan kerusakan akibat pariwisata yang tidak terkendali.



Simak Video "Penampakan Langit Yunani Jadi Oranye Karena Debu Gurun Sahara"
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/wkn)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat