kubetno1.net

Ahok Sebut Nominal Minimal buat Hidup di Jakarta, Apakah Termasuk Traveling?

Pameran fotografi bertema bangkit dari pandemi digelar di Perpustakaan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta. Yuk kita lihat.
Ilustrasi wisata di Taman ismail Marzuki yang masuknya gratis. (Pradita Utama/)

Jakarta -

Gaji UMR kerap diasumsikan dengan pendapatan yang pas-pasan. Bisa nggak sih mempunyai gaji UMR tetapi bisa jalan-jalan?

UMR atau upah minimum regional ditetapkan oleh pemerintah bagi pekerja di suatu daerah. Adapun di tahun 2024, upah UMR Jakarta sebesar Rp 5.067.381.

Dengan tingginya biaya hidup di Jakarta seperti untuk hunian ataupun kebutuhan pokok lainnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, alias Ahok bahkan menyebut idealnya setiap keluarga mendapatkan pendapatan Rp 5-10 juta per bulan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Setiap keluarga di Jakarta punya kemampuan keuangan minimal Rp 5 juta. Ideal tinggal di Jakarta itu harusnya Rp 5-10 juta. Rp 15 juta lebih bagus," ujar Ahok, dikutip dari channel YouTube pribadinya pada Senin (11/5/2024).

Dengan upah senilai UMR itu apakah pekerja di Jakarta dapat menikmati hidup dengan berwisata?

ADVERTISEMENT

Menurut Perencana Keuangan, Andy Nugroho, jumlah pendapatan senilai UMR Jakarta sudah dapat memenuhi kebutuhan hidup layak baik pangan, sandang, dan papan di Jakarta.

"Menurut saya jumlah UMR yang ditetapkan oleh pemerintah Jakarta saat ini yang sebesar 5 juta sekian sudah tepat untuk memenuhi kebutuhan hidup layak di Jakarta," kata Andy saat dihubungi , Senin (11/5).

"Yang dimaksud dengan biaya hidup layak sendiri, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan pangan, sandang, dan tempat tinggal, namun kemungkinan belum bisa mengakomodir apabila ketiga kebutuhan tersebut ingin dipenuhi secara lebih nyaman lagi atau bahkan sudah bersifat kemewahan," Andy menjelaskan.

Adapun, jika keluarga memiliki penghasilan di bawah UMR, mereka harus menekan anggaran dan hidup dengan lebih minimalis.

"Apabila jumlahnya di atas Rp 5 juta sampai dengan Rp 10 juta tentu akan membuat kita lebih leluasa memenuhi berbagai kebutuhan dasar tersebut dan bahkan mungkin bisa lebih nyaman dan mewah lagi. Bila nominalnya di bawah Rp 5 juta bisa jadi masih dapat memenuhi ketiga kebutuhan dasar tadi secara lebih minimalis lagi, dan kemungkinan akan ada kenyamanan-kenyamanan yang semakin dikorbankan," dia menambahkan.

Menurut Andy, masyarakat yang gajinya mepet UMR, tetap bisa jalan-jalan. Warga dengan gaji UMR bisa memanfaatkan traveling di Jakarta di tempat-tempat hangout yang terjangkau atau bahkan tanpa perlu merogoh kocek alias gratis.

"Dengan asumsi penghasilannya dengan nominal gaji UMR Jakarta, tentu tempat rekreasinya sebaiknya mengikuti budget jalan-jalan yang dimiliki, bukan sebaliknya," dia menyarankan.

"Di Jakarta sendiri ada sekian banyak tempat rekreasi yang bisa kita datangi dengan budget yang tidak terlalu besar dibandingkan dengan rekreasi keluar kota. Contohnya, misal hendak sekedar jalan-jalan dan cuci mata ada sekian banyak mall yang didatangi di Jakarta," ujar Andy.

"Bila takut khilaf dan akan banyak belanja kalau jalan-jalan di mal, kita bisa jalan-jalan ke berbagai taman yang bahkan tidak perlu tiket masuk seperti Taman Tebet, Hutan Kota Senayan, hutan Hutan Kota Kemayoran, Taman Kalimalang, Taman Ismail Marzuki, atau ke pantai di PIK 2, dll," dia menambahkan.

Selain berwisata di dalam kota, berwisata keluar kota juga masih dimungkinkan dengan beberapa teknik berhemat tentunya.

"Bila hendak keluar kota, sebaiknya disesuaikan juga dengan budget yang dimiliki. Agar lebih berhemat bisa dengan system pulang hari tanpa menginap, atau dengan patungan sewa kendaraan. Beberapa pilihan yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, misalnya ke daerah Sentul, ke kota Bogor, daerah Puncak Bogor, Pantai Anyer di Banten, dll," ujar dia.



Simak Video "Gaji Ideal Hidup di Jakarta untuk Keluarga dengan Satu Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat