kubetno1.net

Perhatian Pemberi Sewa, Airbnb Larang Kamera Pengintai di Penginapan

Ilustrasi kamera tersembunyi.
Ilustrasi kamera tersembunyi. (Freepik)

Jakarta -

Adanya kamera pengintai di dalam akomodasi menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para traveler. Airbnb pun melarang kamera pengintai di dalam kamar.

Sejumlah kasus menunjukkan kamera pengintai atau CCTV kerap diletakkan tersembunyi di sebuah akomodasi. Bagi pemilik properti, kamera itu berfungsi untuk mengawasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti tindakan kriminal. Tetapi, bagi para traveler itu meresahkan karena privasi terganggu.

Tentunya, tidak ada orang yang mau aktivitasnya di dalam ruangan atau bahkan di kamar diintai oleh orang lain. Airbnb meluncurkan larangan menyeluruh terhadap kamera keamanan dalam ruangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir Travelweekly, Jumat (15/3/2024), upaya itu ditempuh untuk memprioritaskan privasi bagi penyewa.

Airbnb merupakan penyedia layanan akomodasi yang bekerjasama dengan para penyedia properti. Mereka awalnya mengizinkan penggunaan kamera keamanan di dalam area umum akomodasi seperti lorong dan ruang keluarga dengan beberapa syarat.

ADVERTISEMENT

Syaratnya yakni kamera harus terlihat jelas, tidak berada di area tidur atau kamar mandi, dan diungkapkan di halaman daftar sebelum pemesanan.

Namun, kebijakan kamera Airbnb yang telah direvisi mulai berlaku pada 30 April. Kini, aturannya melarang tuan rumah menggunakan kamera di mana pun di dalam persewaan, terlepas dari lokasi, tujuan, atau pengungkapan sebelumnya.

Kamera keamanan luar ruangan tetap diizinkan, selama tuan rumah mengungkapkan keberadaan dan lokasi umum kamera luar ruangan sebelum tamu memesan. Tetapi, kamera luar ruangan dilarang untuk memantau ruang dalam ruangan dan tidak dapat digunakan di area luar ruangan di mana ada harapan privasi yang lebih besar, seperti pancuran luar ruangan atau sauna.

Sementara itu, tuan rumah tetap dapat memonitor desibel kebisingan, tetapi perangkat tersebut hanya dapat digunakan juga di area umum dan harus diungkapkan sebelum pemesanan. Adapun Airbnb mendefinisikan monitor desibel kebisingan sebagai perangkat yang mengukur tingkat desibel tetapi tidak merekam atau mentransmisikan suara atau percakapan.

Airbnb mengatakan bahwa setiap pelanggaran terhadap peraturan ini dapat mengakibatkan penghapusan daftar atau akun.

Langkah ini Airbnb lakukan setelah konsultasi ekstensif dengan para tamu, tuan rumah, pakar privasi, dan kelompok advokasi.



Simak Video "Protes Ribuan Warga Atas Proyek Bangun Hotel di Canary Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat