kubetno1.net

Pantai di Kebumen Punya Air Terjun yang Mengalir ke Samudra Hindia

Pantai Surumanis di Kebumen
Foto: Pantai Surumanis di Kebumen (IG @wisatapantaisurumanis)

Kebumen -

Kebumen ternyata punya pantai dengan air terjun yang mengalir langsung ke Samudra Hindia. Pantai itu bernama Surumanis. Sudah pernah ke sini?

Pantai Surumanis adalah pantai yang berada di Desa Pasir, Kebumen yang menjadi wisata kebanggaan warga desa tersebut. Lokasinya tepat bersebelahan di timur Pantai Pecaron.

Dikutip dari situs resmi Visit Jawa Tengah, Pantai Surumanis memiliki pantai yang indah dengan pasir hitam kecoklatan yang bersih. Pantai ini juga memiliki topografi berbukit, sehingga membuat pengunjung merasa puas karena dapat merasakan dua suasana wisata berbeda dari satu tempat yang sama.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain bukit dan tebingnya, daya tarik lain pantai ini adalah batu karang dan ombaknya. Pantai Surumanis dikelilingi batu karang yang memberi kesan eksotik. Ombaknya yang deras khas pantai selatan ketika bertabrakan dengan batu karang menjadi pemandangan yang mempesona.

Daya tarik lainnya yang cukup unik dari pantai ini adalah terdapat air terjun atau curug yang berada di ujung barat pantai. Meski tak begitu tinggi, curug ini tetap menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

ADVERTISEMENT

Pantai Surumanis juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai untuk digunakan para pengunjung seperti tempat parkir yang luas, pusat informasi, toilet, rumah makan, dan mushola.

Selain itu, ada juga wahana permainan, camping ground, dan beberapa spot foto yang instagramable. Pantai ini juga memiliki penginapan atau cottage yang bisa kamu sewa.

Lokasi Pantai Surumanis

Pantai Surumanis berlokasi di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Harga Tiket Pantai Surumanis

Dilansir dari postingan instagram resminya, @wisatapantaisurumanis, harga tiket masuk kawasan pantai ini adalah Rp 12.500 per orang. Tarif tersebut sudah termasuk biaya parkir dan seluruh spot foto yang dapat dijangkau secara gratis.

Sementara bagi yang ingin berkemah di kawasan Pantai Surumanis, cukup merogoh kocek Rp 15.000 per orang.

Cara Menuju ke Pantai Surumanis

Rute dari alun-alun Kebumen menuju Pantai Surumanis: Jalan Soekarno Hatta - Jalan Ronggowarsito - Jalan Sokka Petanahan - Jalan Laut Munggu - Jalan Pantai Petanahan - Jalur Pantai Selatan Jawa - Jalan Pantai Suwuk - Jalan Pantai Pasir - Pantai Surumanis.

--------

Artikel ini telah naik di detikJateng.



Wisata Unggulan Kebumen: Geopark Hingga Hiburan Era Belanda

Wisata Unggulan Kebumen: Geopark Hingga Hiburan Era Belanda


(wsw/wsw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat